Jumat, 10 Oktober 2008

1 Pelajaran banyak judul, guru bisa nggak ...

Saya mulai buka-buka koleksi BSE (lebih dari 400 judul buku nih). Misalnya untuk kelas 7 (1 SMP), mapel Bahasa Indonesia saja ada sekitar 7 judul buku kalau tak salah. Mana yang dipakai guru sebagai pegangan di kelas? Meminta siswa membeli 7 buku jelas gak mungkin. Paling afdol tentu memilih salah satu yang "best of the best", setidaknya menurut guru bidang studi tersebut.
Tapi siapa yang mau mempelajari semua buku dan kemudian merekomendasikan yang ini lebih baik karena ini itu, dsb? Adakah guru di sini yang sempat bingung nentukan pilihan, tapi akhirnya sreg dengan salah satu judul. Silahkan rekomendasikan di milis, siapa tahu berguna bagi guru yang lain.
Bagus juga jika masing-masing guru mapel memberikan komentar atas koleksi buku mapel masing-masing. Sehingga guru cukup terbantu dalam nentukan pilihan. Tinggal pilih ini karena begini begini, dst.
Klub Guru sendiri saat ini tengah menggandakan DVD BSE yang berisikan 406 judul buku tersebut. Space yang kosong di dalamnya juga akan ditambahkan Panduan Sertifikasi Guru, serta kumpulan materi power point para pembicara di event-event Klub Guru, atau file atau software lain yang kira-kira diperlukan guru di sekolah.
Mengingat untuk penggandaan masal perlu biaya, maka saat ini kami sedang nego dengan perusahaan sponsor. Tapi jika pun belum deal, saya rasa yang berminat tidak keberatan jika memgeluarkan biaya sekedar pengganti biaya DVD dan produksinya (ketimbang download sendiri dari internet).
Insya Alloh setelah produksi massal selesai akan dikirim ke seluruh cabang Klub Guru sehingga lebih memudahkan pendistribusiannya.

1 komentar:

Belive in You mengatakan...

Ini merupakan postingan yang musti dibaca oleh para guru!!! HIdup dan jaya SMAN 1 Purworejo tercinta... affan rifaki